Cari di sarinulis.blogspot.com

Selasa, 18 Agustus 2015

Sahabat Masa Lalu

Apa definisi sahabat menurutmu? Jika, sahabat adalah seorang yang selalu ada saat kamu membutuhkannya. Jika, sahabat adalah seseorang yang selalu bisa memaafkan kesalahanmu, sebesar apapun itu. Jika, sahabat adalah orang yang mengerti dan sangat mengenal semua tentangmu. Jika, sahabat adalah seseorang yang bisa kamu percaya lebih dari siapapun. Mungkin dia orangnya, dia sahabat bagiku. Sahabat terbaik. Dia seorang sahabat dari masa lalu. Entah berapa kali aku mengecewakannya, Entah sudah berapa kali aku menyakitinya. Namun, entah karena apa pula ia datang selalu disaat aku memiliki
masalah yang menurutku pada waktu itu masalah yang besar. Dengan sabarnya ia selalu mendengarkan cerita-ceritaku yang sangat panjang, rumit dan entahlah. Bahkan karena itu ia mau jauh-jauh datang kerumahku padahal jaraknya sangat jauh. Atau menelpon saaangat lama. Dia seseorang yang sangat luar biasa menurutku. Berhari-hari ia lakukan itu, dan setelah masalahku selesai aku pergi menjauh darinya. Jahat bukan?
Dulunya aku tak peduli padanya. Namun, sekarang ini aku sadar sikapku yang seperti itu salah. Beberapa waktu lalu saat dia menghubungiku setelah sudah hampir setahun lamanya aku tak berhubungan dengannya. Biasanya hanya sekedar bertegur sapa di kampus. Dia juga kuliah di kampus yang sama denganku. Saat dia menghubungiku lagi, aku sedikit terkejut. Tapi, wajar menurutku. Karena, waktu itu suasana lebaran. Biasa kalau ada seseorang mengirimkan ucapan selamat dan permohonan maaf. Dan yang diajaran ayah padaku selalu mengundang teman-teman untuk datang kerumah saat lebaran. Aku pun mengundangnya, awalnya ku pikir ia akan menolak undanganku. Ternyata apa yang aku pikirkan itu salah.
Dia datang kerumahku pada hari ke-2 lebaran, tepatnya sebulan yang lalu. Sebenarnya aku mengundangnya untuk datang pada hari ke-3 lebaran dan maksudku mengundangnya kerumah, sekalian aku ingin mengjaknya keluar untuk membelikan hadiah ulang tahun untuk sahabatku yang lain. Ternyata ia datang lebih awal. Tak masalah menurutku, entah mengapa aku sangat senang sekali saat dia datang. Saat pertama melihatnya, aku sudah hampir tertawa. Dia memang lucu, karena itu aku suka mendengarkan ia bicara.
Sebenarnya aku mengenalnya semenjak awal aku SMK dulu, namun karena salah paham aku mengenalnya sebagai orang dengan nama yang salah. Ini salah satu cerita lucu yang ada dihidupku. Cukup lucu, jika aku mengingat semua cerita ini aku bisa tertawa sendiri.
Hari-hari pertama aku bersekolah di SMK dulu, ada seseorang yang mengirim pesan singkat padaku.  Sama seperti kebanyakan anak-anak remaja pada waktu itu. Jika mereka merasa tertatrik pada sesorang, mereka akan mencari no HP nya kemudian mengirim pesan singat yang bertujuan untuk perkenalan. Biasanya ini sering terjadi, awalnya sms-an nya sering banget. Tapi, setelah maksud dan tujuan yang sebenarnya ditolak maka, mereka akan putus hubungan atau berhubungan sekedarnya aja. Maksud dan tujuan ? Jika kalian tidak mengerti aku sarankan kalian pergi kemasa lalu dan bertanya pada remaja pada waktu itu.
Ada beberapa orang yang mengirim sms padaku waktu itu, tapi kali ini aku hanya akan menceritakan 2 orang saja. Salah satunya adalah sahabat masa laluku dan yang satunya adalah sahabatnya. Mereka berasal dari SMP yang sama. Mereka bersahabat, awalnya aku tidak tau kalau mereka saling kenal. Itu karena mereka mengambil jurusan yang berbeda, sahabat masa laluku jurusan listrik dan sahabatnya jurusan kendaraan ringan atau otomotif. Sejujurnya aku penasaran, siapa mereka dan bagaimana mereka bisa memiliki no HP ku. Lalu aku bertanya pada salah seorang di antara mereka, yang aku tanya itu sahabat masa laluku. Lalu dia menyebutkan ciri-cirinya. Aku tertawa jika mengingat cerita ini, aku salah mengenalinya. Padahal sejak awal waktu pulang sekolah aku sering melihatnya, aku sudah menyukainya. Dan saat ku ceritakan ini padanya ia pun tertawa. Senyumnya manis. Perasaanku yang tidak enak jika melihat senyumnya, aku pun bisa ikut tersenyum. 
Entah mengapa dulu aku bisa tidak peduli padanya, padahal aku pun menyukainya sama seperti dia yang juga menyukaiku waktu itu. Dia pernah bilang dia menyukaiku sejak pertama ia melihatku, ia pernah mengataknnya kapan itu tapi, aku lupa. Karena salah komunikasi aku jadi salah paham. Tapi, jika aku mengatakan padanya kalau aku menyesal telah melakukan itu semua dan aku minta maaf padanya. Ia selalu berkata “Udah yang lalu biarlah berlalu, cukup kita jadikan pelajaran. Orang yang punya prinsip selalu melihat kedepan. Yang penting sekarang kita bersama”.  Jujur, mendengarkan perkataan dia yang seperti ini membuat hatiku sedikit tenang. Aku akan berusaha untuk menebus kesalahanku itu.

Sahabat dari masa lalu. Maaf ya kalau aku selalu menyakiti dirimu. Maaf ya kalau aku selalu mengecewakanmu. Setelah ini aku akan berusaha untuk menjadi sahabat terbaikmu, aku akan berusaha untuk selalu berada disampingmu kapan pun dan dalam keadaan apapun. Aku akan berusaha untuk jadi yang terbaik untukmu. ^_^ terima kasih karena dirimu mampu bersabar selama ini, mampu mengerti, mampu tersenyum dihadapanku dan mampu memaafkanku. Terima Kasih karena kamu tidak mau menyerah untuk berusaha bersamaku. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar