Cari di sarinulis.blogspot.com

Minggu, 22 Februari 2015

Cara Sosialisasi kegiatan yang baik dan benar

Belajar dari pengalaman kemarin, buat yang mau sosialisasi baca dulu ya. ini hanya berbagi sedikit pengalaman dan apa aja yang harus dilakukan untuk sosialisasi ke sekolah-sekolah.

hal-hal yang perlu dilakukan saat akan mengadakan sosialisasi ke sekolah, yaitu:
Pertama, buat surat izin untuk mengadakan sosialisasi. pastikan dalam pembuatan surat, surat harus di buat dengan baik dan benar. gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar juga mudah di mengerti.

Kedua, antarkan surat izin minimal seminggu sebelum sosialisasi. supaya terlihat formal dan lebih sopan, saat pengantaran undangan sebaiknya gunakan almamater atau seragam dari dinas/universitas/organisasi yang akan mengadakan sosialisasi.
Ketiga, minta izin untuk menemui wakil kepala sekolah bagian kesiswaan (ini untuk sosialisasi ke sekolah). sebelum berbicara lebih lanjut ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan beliau. perkenalkan nama kita dan pastikan kita juga mengenalnya.
Keempat, pastikan kita membawa bukti tanda terima. kalau surat kita telah diterima oleh sekolah tersebut. minta bapak/ibu yang menerima surat izin itu untuk mendatangani tanda terima yang kita bawa. pastikan kita juga mencatat no telpon dari pihak sekolah untuk meminta konfirmasi lagi. berarti, hal yang harus ada di bukti tanda terima tersebut adalah nama penerima, no hp bapak/ibu tersebut, dan paraf bapak/ibu yang menerima surat.
Kelima, jelaskan maksud dan tujuan kita. saat bicara dengan bapak/ibu dari pihak sekolah gunakan bahasa yang jelas dan sopan. pastikan kita menyakinkan beliau kalau kegiatan kita ini kegiatan yang bermanfaat untuk para peserta sosialisasi. jelaskan tujuan kita sosialisasi, kapan (hari dan jam) di adakan sosialisasi, sasaran (kepada siapa) sosialisasi, dan tempat (kelas/aula) sosialisasi.
Keenam, siapkan materi untuk sosialisasi. kuasai materi sosialisasi sebelum hari sosialisasi. jika perlu adakan latihan atau simulasi sosialisasi sendiri. penguasaan materi adalah bagian terpenting saat sosialisasi. dan jika perlu siapkan juga persentasinya dan hal-hal lain yang diperlukan.
Ketujuh, beberapa hari sebelum sosialisasi konfirmasi lagi pihak sekolah. ini agar tidak terjadi salah paham.
Kedelapan, pada hari sosialisasi pastikan kita datang minimal 15 menit sebelum jam yang sudah di sepakati. karena, terkadang kita membutuhkan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatu untuk sosialisasi tersebut.
Kesembilan, bicara pada audien dengan baik. pastikan, para peserta sosialisasi mendengar dan mengerti dengan sosialisasi yang kita adakan. jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih karena sudah di izinkan untuk sosialisasi di sekolah tersebut. berikan kesan yang baik untuk pihak sekolah dan para peserta sosialisasi.

nah, itu dulu... sedikit berbagi pengalaman untuk kegiatan sosialisasi yang dilakukan HMJTE dan Robotic Team Polnep .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar