Cari di sarinulis.blogspot.com

Kamis, 26 Februari 2015

Kasi Senyum Jak

Oke ... di liat-liat banyak juga daftar tulisan yang belum terselesaikan .. hehe ^^ lagi sibuk.. hmmm tidak juga, yah entah mengapa beberapa tugas yang sudah terjadwalkan tidak terselesaikan. mungkin harus menjadwal ulang. perlu revisi di beberapa bagian. ^^
oke.. baru aja sampai di rumah, pulang dari melayat. ada keluarga dosen yang meninggal. sebenarnya, sekarang beliau tidak lagi menjadi dosen di kampus. tapi, bagaimanapun ia pernah mengajari dan membagikan ilmunya pada sari.

oke fokus pada tema tulisannya ..
Masalah ?? apa itu?? menurut sari, masalah adalah sesuatu yang sudah terjadi atau yang akan terjadi namun kita tidak menginginkannya. tapi, ingatlah tidak semua masalah itu buruk. ingatlah, beberapa masalah bisa membuat kita menjadi dewasa. masalah mengajari kita banyak hal. yang terpenting dari setiap masalah adalah kita dapat memetik hikmahnya. pelajaran yang diambil dari setiap masalah, itu perlu.
beberapa masalah yang sari hadapi akhir-akhir ini mengajari sari beberapa hal. dulunya, sari orang yang sangat penasaran, mudah panik, cepat marah, membesar-besarkan masalah dan mudah menilai buruk seseorang.
namun, sekarang sari belajar sesuatu yang menarik yang ingin sari bagikan kepada teman-teman yang membaca tulisan ini. sari sadar sikap sari yang dulu itu tidaklah menyelesaikan masalah, malah masalahnya bertambah besar dan muncul masalah baru.
baik atau buruknya masalah tersebut tergantung bagaimana kita menanggapinya dan melihatnya dari sudut pandang apa. yang terpenting saat menghadapai masalah adalah jangan panik. karena, kalau kita panik justru kita tidak bisa berfikir dengan benar dan bisa jadi kita mengambil keputusan yang salah. ^^ so, enjoy . oke .
langkah selanjutnya, jika masalah itu kabar buruk jangan cepat percaya ada baiknya kita konfirmasi dulu kebenaran berita tersebut. kendalikan emosi tak jauh beda dengan langkah pertama untuk tidak panik. ^^ so, positive thinking ..
next, jangan membesar-besarkan masalah. jangan mengeluh kepada setiap orang tentang masalah yang kita hadapai. karena, tak hanya kita saja yang memiliki masalah. semua orang punya masalah. yang berbeda hanyalah bagaimana mereka menyembunyikan masalah tersebut. ^^ so keep calm ..

ada beberapa hal yang sari pelajari untuk menyelesaikan masalah, yaitu :
1. Hindari
    langkah pertama, jika kita tau itu adalah sebuah masalah maka hindarilah. misalnya saja jika kita tau besok akan ada ujian dan tidak boleh datang terlambat. maka cara menghindarinya adalah jangan tidur terlalu larut sehingga besok bisa bangun pagi. atau jika tidak mau sakit mag maka jagalah pola makan sehat dan teratur.
2. Hadapi
    jika kita sudah menghindari masalah tersebut namun tetap saja terkana masalah maka langkah selanutnya adalah hadapi. jika masalah itu terdapat pada sikap buruk kita. maka, perbaikilah sikap kita. atau apapun yang dapat diperbaiki, perbaikilah. contoh selanjutnya, misalnya saja kita sudah menjaga pola makan namun tetap sakit juga maka hadapilah masalah tersebut dengan berobat.

dan pelajaran dari seseorang yang sari kenal mengatakan "Kasi senyum jak" .
hehe ^^ ya, terkadang saat sari mendapat masalah cara untuk menyelesaikan masalah tersebut hanya perlu tersenyum. namun, dulu sari tidak menyadari cara sederhana ini.
sekarang ^^ sari sadar dan thanks to untuk orang tersebut yang telah mengajari sari hal sederhana namun menakjubkan ini. ^^


1 komentar: