Cari di sarinulis.blogspot.com

Minggu, 15 Februari 2015

Pengenalan tentang grafika komputer

oke pagi ini coba cek jadwal mata kuliah untuk semester depan. lumayan mumet juga soalnya nama-nama mata kuliahnya asing banget. tapi, ngak apa.. dulu juga metode numerik, sistem operasi, statistika dan probabilitas, pemograman, struktur data dan yang lainnya juga mata kuliah yang asing. sekarang udah ngak asing lagi malah menyenangkan .. ^^
oke.. cus deh ... pagi ini sari akan mempelajari sedikit tentang Grafika Komputer. Grafika Komputer ini salah satu mata kuliah yang ada di semester 4 nanti. ini cuma catatan sari yoo.. jadi kalau tulisannya agak ngawur ya maaf .. ^^ ini hanya sebagai bahan belajar buat sari.. soalnya sari malas banget nyatat di buku ^^ .. kalau di blog kan bisa buka di mana aja dan kapan aja ^^ (-_- asal ada koneksi internet aja :D )

Pengertian Grafika Komputer
ini di ambil dari wikipedia dengan sedikit tambahan ..

Grafika komputer (bahasa Inggris: computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital.
weew.. di baca dari pengertiannya aja udah wow.. ngak tau deh  ntar prakteknya di kelas bisa apa tidak .. hehe ^^ kalau udah baca pembuatan dan manipulasi gambar kayaknya ini bakalan berhubungan dengan photoshop dan corel draw atau aplikasi semacamnya. hehe.. wajar si anak prodi informatika mempelajari ini karena kan kita harus bisa membuat aplikasi yang menarik dan nyaman di pakai oleh user. interface itu penting. hmmm.. jadi semangat buat belajar Grafika Komputer ^^ ..
oke next deh ..

Aplikasi grafika komputer
Grafika komputer dapat digunakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang seni, sains, bisnis, pendidikan dan juga hiburan. Berikut adalah bidang aplikasi spesifik dari grafika komputer:
  • Antarmuka pengguna (Graphical User Interface - GUI)
  • Peta (Cartography)
  • Kesehatan
  • Perancangan objek (Computer Aided Design - CAD)
  • Sistem multimedia
  • Presentasi grafik
  • Presentasi saintifik
  • Pemrosesan citra
  • Simulasi
 ternyata di Grafika Komputer ada pembagian bidang ilmunya lagi lho .. dari yang sari baca ini ni beberapa bidang ilmunya .. ini sumbernya masih dari wikipedia.com lho ^^ ..

Bagian dari grafika komputer meliputi:
  • Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang
  • Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan
  • Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya
  • Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.
weew .. barusan aja sari baca tentang Grafika Komputer 3D . menarik ada matriks-matriksnya untuk pengaturan gambar. belum terlalu ngerti sih.. tapi makin semangat buat belajar di semester 4. belajarnya cuma 2 bulan tapi jadwalnya full .. soalnya kan semester 4 mau magang .. ^^
kalau mau tau lebih banyak tentang Grafika Komputer bisa download file nya di sini ...  ini tulisan orang lain. tapi sari recomend ..tulisannya cukup jelas. ^^
oke cukup dulu berpusing ria dengan grafika komputernya. tiba-tiba pengen main sama kriptografi . salah satu materi yang ada di mata kuliah sistem operasi di semester 3 ..
^^ udah dulu ya ..

sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Grafika_komputer
https://www.academia.edu/4870575/Bahan_Ajar_Mata_Kuliah_Grafika_Komputer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar