Cari di sarinulis.blogspot.com

Minggu, 15 Februari 2015

Pengenalan Kriptografi

Di antara banyak materi di mata kuliah sistem operasi. kriptografi ini materi yang sangat menarik. dan wow .. kalian pernah nonton film "The Imitation Game" ?? kalau belum. recomend deh filmnya. eits.. tapi ingat ambil pelajaran yang baik nya aja yang ada di film ini. tentang kerja sama tim, semangat, dan kerja keras tanpa putus asa.
nah lho.. apa hubungannya film ini sama kriptografi ..
hehe ^^ inti dari kriptografi adalah teknik menjaga kerahasian. nah di film itu mereka dalam kondisi perperangan di inggris. dan harus memecahkan kode enigma yang di buat musuh. keren banget deh filmnya.
hmmm.. kalau ngak salah ingat. di film itu ada sebuah mesin yang namanya christopher yang dibuat oleh Alan Turing. mesih itu memperpendek perang dan menyelamatkan lebih dari 14 juta nyawa .. nah itu juga cikal bakal komputer modern lho .. ^^ keren kan ..
ada kata-kata yang keren di film ini yaitu "Terkadang orang yang tidak didugalah dapat melakukan hal di luar dugaan" . nah -_- kenapa jadi bahas film ya.. maaf..maaf..maaf..  pokoknya recomend deh..
lanjut ke materi kriptografi ya .. ^^

Pengertian Kriptografi
biasa sumbernya wikipedia ..
Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Selain pengertian tersebut terdapat pula pengertian ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data [A. Menezes, P. van Oorschot and S. Vanstone - Handbook of Applied Cryptography].
Nah.. keren kan .. hehe ^^ jujur aja sari pengen mendalami ilmu tentang kriptografi ini.

yang sari pelajari di kampus. ada 2 proses yang terjadi di kriptografi.
1. proses enkripsi
    enkripsi adalah proses merubah plaintext menjadi chipertext.
2. proses dekripsi
    dekripsi adalah proses mengembalikan chipertext menjadi plaintext.

plaintext adalah pesan asli yang kita tulis/inputkan. sedangkan chipertext adalah pesan kita yang telah diubah menjadi kata-kata yang berbeda sesuai algoritma (metode) enkripsi.

oke sekian dulu.. ntar sari lanjutin lagi ^^ dengan contoh programnya menggunakan bahasa pemograman delphi .. tapi, bagi yang penasaran ini sari kasi link ke blog yang khusus membahasa kriptografi.. ayoo.. diklik .. ^^
sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Kriptografi
http://asalkena.blogspot.com/2012/11/pengertian-dan-contoh.html
http://ilmu-kriptografi.blogspot.com/search/label/Kriptografi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar